Darah di dalam Semen Sperma (Hematospermia)

Darah dalam Semen Sperma (Hematospermia/hemospermia) Penjelasan dan Pengobatan. Pertanyaan yang sering muncul mengenai gejala ini adalah; Mengapa ada bercak darah dalam sperma?Apa penyebabnya? terlalu banyak sel darah putih di semen apa obatnya? berikut penjelasannya.

Penjelasan Darah dalam Semen Sperma (Hematospermia/hemospermia)
source image by google

Pengertian

Adanya darah dalam air mani (ejakulasi) juga disebut hematospermia. Hematospermia adalah kondisi umum. Darah di air mani adalah sangat umum dan jarang memerlukan pengobatan baik waktu dan caranya. Cystoscopy dan biopsi sering menyulitkan itu.

Penyebab

Adanya darah dalam air mani, atau darah ejakulasi, hemospermia, atau hematospermia, disebabkan oleh pecahnya satu atau lebih pembuluh darah di tempat-tempat di mana Anda dapat langsung atau tidak langsung kontak dengan air mani. Secara keseluruhan itu adalah gejala yang umum dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun kondisi yang menghasilkan bervariasi, dan beberapa mungkin ganas, seperti kanker prostat. Terlalu sering berasal setelah biopsi prostat oleh trauma dan oleh prostatitis dan vesiculitis mani, serta tumor lainnya, kista dan kalsifikasi.

Darah dalam air mani dapat disebabkan oleh banyak kondisi yang mempengaruhi sistem genitourinari laki-laki. Daerah yang terkena dampak termasuk kandung kemih, uretra, testis, tabung yang mendistribusikan semen dari testis (dikenal sebagai vesikula seminalis), epididimis (segmen saluran sperma yang berfungsi untuk menyimpan, matang dan transportasi sperma), dan prostat kelenjar.

Darah di air mani yang paling sering adalah hasil dari biopsi prostat-kelenjar. Lebih dari 80% pria yang menjalani biopsi prostat mungkin memiliki beberapa darah dalam air mani yang berlangsung selama tiga sampai empat minggu. Demikian juga, vasektomi dapat menyebabkan air mani berdarah selama sekitar satu minggu setelah prosedur.

Pada pria dengan hematospermia yang tidak memiliki biopsi prostat baru atau vasektomi, sejumlah kondisi jinak dan ganas dari sistem kelamin laki-laki mungkin menjadi penyebabnya. Dalam banyak situasi, tidak ada penyebab yang pasti ditemukan.

Kondisi berikut telah dilaporkan dalam hubungan dengan hematospermia:
tumor jinak atau ganas dari prostat, kandung kemih, testis, atau vesikula seminalis,
  • infeksi (termasuk, namun tidak terbatas pada, klamidia, herpes, cytomegalovirus, dan trikomoniasis),
  • radang prostat (prostatitis), epididimis (epididimitis), atau uretra (uretritis),
  • bate (batu mirip batu ginjal) di vesikula seminalis atau prostat,
  • polip di saluran kencing,
  • penghalang ejakulasi-duct,
  • kanker metastatik (yang telah menyebar dari situs lain dalam tubuh) yang terletak di sistem genitourinari, dan
  • kista, perdarahan, atau kelainan lain dalam vesikula seminalis.

Apa saja gejala darah di air mani?

Hal ini sering dikaitkan dengan: 
  • nyeri buang air kecil
  • sakit saat ejakulasi
  • nyeri saat buang air
  • Adanya darah dalam urin
  • Bengkak atau nyeri di skrotum 
  • Bengkak atau nyeri di daerah selangkangan 
  • Pembengkakan di skrotum
  • Nyeri di testis
  • Demam atau kedinginan 
  • kencing berdarah 

Adanya darah dalam air mani membutuhkan penilaian menyeluruh yang tepat sebagai asal-usul begitu berbeda perawatan buta dapat memiliki konsekuensi serius.

Sumber utama dari darah dalam air mani adalah:
  • Prostat : prostatitis (yang mungkin disebabkan oleh biopsi prostat), kanker prostat, pembuluh darah prostat masalah seperti telangiectasia dan varises, batu prostat
  • Uretra : uretritis, kista, polip, kutil, striktur. 
  • Vesikula seminalis : seminal vesiculitis, kista, kanker, ginjal batu, dilations (ectasia), kelainan morfologi
  • P3nis gangguan pembuluh darah trauma dan masalah dalam uretra pe-nis:
  • Skrotum : trauma, varikokel, tumor testis, epididiimitis
  • trauma abdomen
  • Infeksi : Genitourinary atau sistemik Tuberkulosis, HIV (AIDS), Cytomegalovirus, schistosomiasis, echinococcosis (kista hidatid), gonore, dan umumnya penyakit menular seksual
  • gangguan koagulasi
  • hipertensi
  • prosedur medis : prostat biopsi , vasektomi, suntikan sclerosing untuk mengobati varises dan wasir terutama varikokel, cystoscopy dan / atau kateterisasi kandung kemih

Bagaimana darah di air mani dievaluasi?

Sejumlah tes diagnostik dapat dilakukan setelah riwayat klinis dievaluasi dan pemeriksaan fisik dilakukan. Beberapa tes diagnostik yang paling umum dilakukan adalah urine dan budaya untuk mengidentifikasi infeksi menular atau seksual lainnya. Ketika ditunjukkan, studi pencitraan seperti USG atau MRI dapat mengungkapkan tumor atau kelainan lainnya. Dalam beberapa kasus, analisis air mani mungkin disarankan.

Bagaimana prognosis (outlook) untuk pasien dengan darah di air mani?

Prognosis berhubungan dengan penyebab darah di air mani jika penyebab dapat diidentifikasi. Namun, sebagian besar kasus hematospermia jinak dan menyelesaikan tanpa pengobatan. Sementara kanker merupakan penyebab yang jarang darah di air mani, sebagian besar kasus tidak berhubungan dengan kanker, terutama pada pria yang lebih muda.

Sekilas Tentang Darah di Semen

  • Darah di air mani dikenal sebagai hematospermia
  • Prostat Biopsi adalah penyebab paling umum dari darah dalam air mani
  • Darah di air mani dapat disebabkan oleh tumor, infeksi, kelainan anatomi
  • batu, atau peradangan di banyak situs di seluruh sistem genitourinari
  • Biasanya darah di air mani adalah jinak dan sembuh dengan sendirinya
  • Pengobatan, jika diindikasikan, tergantung pada penyebab yang mendasari

Sel Darah Putih dan Semen

Jika Anda dan pasangan Anda mengalami kesulitan hamil, maka Anda mungkin sudah menjalani tes kesuburan atau pengobatan. Rekening infertilitas pria hingga 50% dari semua masalah kesuburan, sehingga merupakan ide yang bijaksana telah diri Anda diuji. Sebuah analisis air mani sering membawa masalah kesuburan cahaya. Secara khusus, banyak pria menemukan bahwa mereka memiliki jumlah peningkatan sel darah putih dalam air mani. Sel-sel darah putih ini negatif dapat mempengaruhi kesuburan dan dapat menunjukkan masalah kesehatan yang mendasarinya.


Apakah Sel Darah Putih?

Sel darah putih merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Mereka membantu kita untuk melawan sel-sel menyerang dan bakteri, menjaga tubuh kita sehat dan bebas infeksi. Juga dikenal sebagai leukosit, sel darah putih yang diproduksi di sumsum tulang kita. Mereka bergerak di seluruh aliran darah, menyerang setiap asing bakteri, jamur, atau virus. Selama infeksi, peningkatan jumlah sel darah putih dapat ditemukan di daerah-daerah tertentu dari tubuh Anda.


Sel Darah Putih di Semen

Sel darah putih ditemukan di hampir semua area tubuh pada waktu tertentu. Mereka biasanya ditemukan dalam jumlah kecil dalam air mani dan ejakulasi. Pada tingkat rendah, sel darah putih tidak dapat mempengaruhi kualitas air mani Anda, dan dengan demikian tidak akan berdampak pada kesuburan Anda. Namun, tingginya tingkat sel darah putih dalam air mani Anda dapat menyebabkan masalah kesuburan yang serius. Dikenal sebagai leukocytospermia, jumlah sel darah putih tinggi dalam air mani biasanya lebih dari satu juta leukosit per mililiter.

Bagaimana umum adalah Leukocytospermia?

Leukocytospermia sebenarnya tidak jarang. Ini mempengaruhi manapun antara 5% dan 10% dari populasi, dan dapat mempengaruhi sebanyak 20% dari orang-orang sedang mencari perawatan kesuburan. Pria yang telah menjalani vasovasostomi cenderung memiliki lebih banyak leukosit dalam air mani dari biasanya.

Apa Penyebab Leukocytospermia?


Leukocytospermia biasanya hasil dari infeksi saluran genital. Kehadiran tingkat tinggi sel darah putih sangat diperlukan untuk membantu melawan infeksi. PMS yang umumnya terkait dengan leukocytospermia, terutama klamidia dan gonore. Infeksi saluran genital lainnya juga dapat menyebabkan peningkatan sel darah putih.

Bagaimana Sel Darah Putih Mempengaruhi Kesuburan?

Dalam jumlah besar, sel-sel darah putih dapat memiliki efek yang merugikan pada kesuburan pria. Hal ini karena leukosit menyebabkan oksidasi sel. Jika Anda memiliki angka tinggi dari sel-sel darah putih dalam sperma Anda, ini bisa mengakibatkan oksidasi sel sperma, merusak kemampuan mereka untuk membuahi sel telur.

Reactive Oxygen Species (ROS)

Leukosit memicu oksidasi dengan melepaskan spesies oksigen reaktif. Molekul-molekul ini menyebabkan kerusakan sel dengan mengubah susunan sel-sel individual. Secara khusus, spesies oksigen reaktif mengubah susunan sel sperma, yang mempengaruhi motilitas dan morfologi. Hal ini dapat membuat sangat sulit bagi Anda dan pasangan untuk mencapai kehamilan.

Sel-sel darah putih yang ada dalam air mani Anda, semakin besar kemungkinan itu adalah bahwa Anda sperma telah terpengaruh oleh spesies oksigen reaktif. Namun, setiap orang memiliki ambang batas yang berbeda mengenai jumlah spesies oksigen reaktif sel sperma dapat terus. Hal ini karena tubuh memiliki antioksidan tertentu yang melawan kerusakan yang disebabkan oleh spesies oksigen reaktif. Beberapa pria hanya memiliki tingkat antioksidan ini, meninggalkan mereka lebih rentan terhadap kerusakan oksidatif.

Pengujian dan Pengobatan Tinggi Putih Darah Tingkat Sel

Jika Anda berurusan dengan faktor infertilitas pria, endokrinologi reproduksi Anda akan pastikan untuk menguji dan memperlakukan Anda untuk tingkat sel darah putih tinggi.

Pengujian untuk Sel Tinggi Putih Darah Tingkat

Pengujian biasanya dilakukan di klinik kesuburan Anda. Sebuah analisis air mani dapat mendeteksi kadar sel darah putih dalam ejakulasi Anda. Anda juga akan diberikan swab uretra untuk menentukan apakah Anda menderita infeksi aktif.

Mengobati Sel Darah Putih Tinggi di Semen

Pengobatan biasanya melibatkan mengobati setiap infeksi aktif dengan penggunaan antibiotik. Anda mungkin juga disarankan untuk ejakulasi sering, untuk memindahkan sel-sel darah putih yang berlebihan dari saluran mani. Tingkat sel darah putih cenderung untuk menjatuhkan mereka sendiri, namun mereka dapat meningkat lagi di kemudian hari, sehingga pengobatan aktif disarankan.

Pengobatan

Pengobatan dengan menggunakan antibiotik alami. Berbeda dengan antibiotik kimia, antibiotik ini 100 kali lebih ampuh membunuh virus dalam tubuh, menjaga agar virus penyebab PMS masuk dalam tubuh, Memperbaiki ginjal, saluran kemih, infeksi saluran kemih, memelihara alat reproduksi, dan sebagai perlindungan sistem imun secara besar-besaran.
Untuk pemesanan dan konsultasi silahkan hubungi:
WA/SMS: 087829120877
BBM : 5D93BA39

0 Response to "Darah di dalam Semen Sperma (Hematospermia)"

Post a Comment